Sejarah Ibadah Umroh

banner agen travel umroh dan haji jadwal biaya murah

Kajian Singkat Sejarah Ibadah Umroh

Sejarah Ibadah Umroh ini kami jelaskan dalam Kajian Singkat namun dapat memberikan gambaran tentang sejarah ibadah umat muslim ini.

masjidil haram mekkah ibadah umroh

masjidil haram mekkah ibadah umroh

Umroh merupakan kegiatan ibadah dalam agama Islam yang hampir mirip dengan ibadah haji dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah.

Sedangkan menurut syari’ah, umroh (haji kecil) berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram dari miqat.

Adapun perbedaan umroh dan haji yaitu pada waktu dan tempatnya, pada umroh dapat dilaksanakan pada setiap hari, setiap bulan, setiap tahun dan hanya di Mekkah.

Sedangkan untuk ibadah haji dapat dilakukan hanya pada waktu yang sudah ditentukan yaitu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah dan sampai keluar kota Mekkah.

Sejarah singkat ibadah umroh sebagaimana yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw beserta kaum muslimin dan para sahabatnya.

Pelaksanaan ibadah umroh yang pertama dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW beserta 1500 para sahabatnya yaitu, terjadi pada tahun 628 M.

Ibadah Umroh Atas Perintah Allah SWT Melalui Mimpi

Atas perintah Allah SWT melalui mimpi untuk menunaikan ibadah umroh yaitu setelah beberapa waktu sebelum terjadi perjanjian Hudaibiyah.

masjid nabawi madinah ibadah umroh

masjid nabawi madinah ibadah umroh

Nabi Muhammad SAW bermimpi bahwa beliau dan para sahabatnya memasuki kota Mekkah dan Masjidil Haram penuh dengan kebahagian.

Mereka mencukur rambutnya dan sebagian lagi menggunting, dan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa mimpi itu akan terjadi dan hal ini terdengar di kalangan umat muslim.

Pada saat itu Nabi Muhammad SAW dan para sahabat sebanyak 1500 orang dengan membawa berbagai perbekalan, hewan qurban, dan sudah mengenakan pakaian ihram.

Akan tetapi, perjalanan menuju ke Makkah dihalangi oleh kafir Quraisy agar kaum muslimin tidak dapat sampai ke kota Makkah.

Rombongan kaum muslimin yang berangkat dari kota Madinah terhenti di daerah Hudaibiyah, yang jaraknya kurang lebih 20 KM dari kota Makkah.

BACA JUGA: DAFTAR PAKET UMROH MURAH.

Pada saat itu Nabi Muhammad SAW tidak menginginkan adanya pertumpahan darah, sehingga mengajak berunding dengan perwakilan dari kaum kafir Quraisy.

Perwakilan yang diutus dari kaum kafir quraisy adalah Suhail Ibn Amr, dan dari kaum muslimin diwakili langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Pada saat itu Suhail ibn Amr mengusulkan genjatan senjata antara Madinah dan Makkah dan kaum muslimin harus kembali ke Madinah serta membatalkan ibadah umroh.

Terjadinya Perjanjian Hudaibiyah

Dalam perjanjian tersebut, kaum muslimin akan diperbolehkan melakukan ibadah umroh selama tiga hari di kota Makkah pada tahun depan.

Perjanjian tersebut dinamakan Perjanjian Hudaibiyah, dan Nabi Muhammad SAW menyetujui isi dari perjanjian itu meskipun terlihat akan merugikan kaum muslimin.

Namun sebenarnya perjanjian Hudaibiyah memberikan keuntungan bagi umat Islam dan menjadi salah satu sejarah penting dalam perkembangan Agama Islam.

Dengan adanya Perjanjian Hudaibiyah tersebut secara tidak langsung kaum kafir Quraisy mengakui keberadaan dan kedaulatan kaum muslimin

Dengan disepakatinya perjanjian Hudaibiyah menyebabkan kaum muslimin pada saat itu tidak sampai memasuki kota Makkah.

Akibat dari kejadian tersebut orang-orang munafik memperolok Nabi dengan mengatakan bahwa mimpi yang dikatakan Nabi itu adalah bohong belaka.

Turunnya Firman Allah Surat Al-Fath ayat 27

Saat itu turunlah Firman Allah SWT surat Al-Fath ayat 27 yang menyatakan bahwa mimpi Nabi itu pasti akan menjadi nyata di tahun depan. Dan dalam waktu dekat Nabi Muhammad SAW akan menaklukkan kota Khaibar.

Artinya:  Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa Sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil haram. InsyaAllah dalam Keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut, maka Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat.                                                       

Pada tahun berikutnya yaitu pada bulan Dzulqoidah 7 H, atau bertepatan dengan bulan Maret 629 M, Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dapat melaksanakan ibadah umroh pertama kali di Baitullah.

BACA JUGA: JADWAL DAN HARGA PAKET UMROH REGULER.

Pada saat melakukan thawaf, kaum muslimin diejek oleh orang kafir Quraisy dan berkata bahwa umat Islam itu lemah dan tidak mampu untuk melakukan thawaf mengelilingi Ka’bah 7 kali.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada para sahabat untuk lari kecil (jalan cepat) diputaran 1-3 dan menyikapkan baju ihram dibagian bahu kanan atau disebut idzdiba.

Selanjutnya Nabi Muhammad SAW meminum air zamzam dan kemudian melakukan sa’i (lari kecil menuju bukit shafa dan marwah) dan diakhiri dengan tahallul.

Masih banyak hal dalam artikel ini yang berakitan dengan sejarah umroh, namun sedikitnya dapat memberikan gambaran secara singkat bagi para calon jamaah umroh.

Ibadah Umroh dari Indonesia

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, dengan memiliki sekitar 80% penduduknya beragama Islam.

sejarah ibadah umroh fasilitas hotel pesawat

sejarah ibadah umroh fasilitas hotel pesawat

Masyarakat muslim di Indonesia biasanya dalam melaksanakan ibadah umroh menuju Masjidil Haram di kota Mekkah melalui Biro Travel Umroh.

Biro Travel Umroh menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan jamaah sehingga fokus para jamaah hanya ibadah umroh saja.

Para Biro Travel Umroh telah bekerja sama dengan hotel yang ada di sekitar Masjidil Haram sehingga dapat memudahkan jamaah dalam beribadah.

Pada umumnya Biro Perjalanan Umrah menetapkan beberapa paket umroh dengan waktu paling cepat adalah 9 (sembilan).

Demikian penjelasan dari kami tentang Kajian Singkat Sejarah Ibadah Umroh pada masa Nabi Muhammad SAW dari Madinah ke Mekkah.

Search Kajian Singkat Sejarah Ibadah Umroh

Sejarah Ibadah Umroh | Kajian Singkat Sejarah Umroh | Perjanjian Hudaibiyah | Penaklukan Kota Mekkah | dari kota Madinah ke Kota Mekkah.

Sejarah Perjanjian Hudaibiyah | Mekanisme Pelaksanaan Umroh | Sejarah Ibadah Umroh | Pertama kali Melaksanakan Umroh.

Share this article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *